Pendidikan

Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Tersesat & Salah Pilih Jurusan

Apakah kamu sedang bingung memilih jurusan kuliah ? Bagus sekali, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Kami akan memberikan solusi cara memilih jurusan kuliah yang tepat, ayo kita mulai pembahasanya.

Kuliah adalah salah satu cara untuk memperoleh ilmu yang lebih luas dengan bidang yang spesifik, ini merupakan bekal penting untuk dapat meraih cita – citamu. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, kuliah juga akan membuat jalan karir kita lebih terbuka.

Namun apa jadinya jika kamu salah memilih jurusan, pasti akan merasa sulit untuk menjalaninya. Untuk itu mari kita simak cara memilih jurusan kuliah agar tidak tersesat.

  • Pelajari Apa itu Kuliah

Banyak dari siswa – siswi yang akan melanjutkan kuliah, tapi tidak mengerti apa itu kuliah sendiri. Setidaknya kamu harus sudah memiliki gambaran kuliah, baik mengenai model belajar & sistem kuliah.

Untuk mendapatkan informasi dunia perkuliahan kamu bisa bertanya dengan guru, kakak, orang tua, teman atau mereka yang sudah terlebih dahulu sudah berkuliah. Ini akan sedikit membuka wawasan kamu dalam perkuliahan.

  • Sesuaikan Dengan Jurusan SMA/SMK

Cara memilih jurusan kuliah yang benar adalah dengan menyesuaikan jurusan pada saat masih di SMA/SMK, ini akan lebih mempermudah kamu dalam melanjutkan dan beradaptasi diperkuliahan.

Dengan kamu memilih jurusan yang sama, otomatis mata kuliah yang akan diajarkan adalah ruang lingkup yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Ini akan membuat kamu lebih cepat & mudah berkembang, dan tentunya tidak akan tersesat.

  • Ketahui Jenis Jurusan Kuliah

Ada banyak macam – macam Jurusan yang bisa kamu pilih pada saat akan kuliah, ada baiknya kamu mencari tahu jenis – jenis jurusan di universitas yang akan kamu daftar. Jangan asal pilih jurusan, tapi pahami betul agar kamu tidak salah dan merasa sulit dalam proses kuliah.

  • Perhatikan Akreditas Jurusan

Ini adalah cara memilih jurusan kuliah yang sangat tepat, yaitu dengan memperhatikan akreditasi jurusan dan universitas. Akreditasi jurusan bisa dilihat secara online lewat website utama universitas pilihan kamu, baiknya minimal akreditasi jurusan pilihanmu adalah B.

Akreditasi biasanya digunakan sebagai syarat untuk proses administrasi pada saat kamu melamar pekerjaan dilembaga pemerintahan, bayangkan jika akreditasi kamu tidak sesuai pasti akan nyesek dihati.

  • Sesuaikan dengan Kemampuan

Jika kamu memiliki sebuah kemampuan yang bisa diandalkan, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan kamu tersebut. Dengan memilih jurusan tersebut, kamu akan lebih mendalami ilmu pengetahuan sesuai kemampuan & membuka wawasan lebih luas.

Cara memilih jurusan kuliah sesuai kemampuan adalah sebuah pilihan yang sangat direkomendasikan, karena akan membuat kemampuan kamu lebih berkembang.

  • Sesuaikan dengan Potensi

Jika sebelumnya adalah kemampuan dalam hal apapun, sekarang adalah sesuaikan dengan potensi kamu. Potensi disini bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, misal kamu harus perhatikan potensi jurusan itu sendiri, apakah akan menunjang karir atau tidak.

Untuk melihat potensi pada diri kamu, silahkan flashback selama sekolah bidang apa yang menjadi unggulan. Kamu bisa melihat nilai – nilai selama sekolah, dibidang apa yang kamu kuasai dan memperolah nilai bagus. Itulah cara memilih jurusan kuliah sesuai dengan potensi.

  • Catatan

Memilih jurusan kuliah memanglah tidak mudah, kamu harus memiliki banyak waktu dan sering – seringlah bertanya. Untuk itu disarankan jauh – jauh hari kamu harus sudah mempersiapkan diri, apalagi untuk kamu yang sudah fix akan kuliah.

Persiapkanlah semuanya agar mendapatkan hasil yang terbaik, jangan ragu untuk melangkah. Melangkahlah sejauh mungkin dengan berpegangan keyakinan dan akal yang kamu miliki, serta doa & dukungan dari orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button