Umum

Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Sangat Mudah

Apakah kamu saat ini sedang mengalami susah tidur ? Cara mengatasi susah tidur sangatlah mudah, kamu harus mengetahui faktor apa saja penyebabnya dan kemudian baru mencari solusinya.

Biasanya orang yang mengalami susah tidur mempunyai gaya hidup yang tidak sehat, sehingga menyebabkan pikiran tidak tenang dan akibatnya susah tidur. Lalu bagaimana sebaiknya untuk mencari solusi dari maslah ini ?

Ada banyak cara mengatasi susah tidur, namun sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor penyebab dari masalah ini.

Penyebab Susah Tidur

  • Usia

Tidak dipungkiri semakin dengan bertambahnya usia adalah penyebab sussah tidur, semakin sering mengalami gangguan susah tidur. Hal ini diiringi dengan munculnya beberapa penyakit dan menurunya ritme sirkadin, melemahnya ritme sirkadin menyebabkan jam biologis tubuh terganggu.

  • Stress

Setiap orang pasti pernah mengalami stress, hanya bebanya saja yang berbeda. Stress muncul karena beban masalah yang begitu besar dan penuh banyak resiko, sehingga menyebabkan pikiran kita terus bekerja walaupun pada saat memejamkan mata.

  • Lapar

Hal ini sering terjadi pada anak dan orang dewasa, tanpa kita sadari dengan kondisi perut yang lapar tetapi kita memaksakan untuk tiduradalah penyebab susah tidur. Padahal tidur membutuhkan kondisi yang tenang, akibat lapar ketika berbaring akan menjadi tidak enak.

  • Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang yang berlebihan akan mendatangkan masalah dimalam hari, kamu akan merasa terjaga sepanjang malam karena kondisi badan yang sudah fit. Namun ketika pagi, badan kamu akan merasa tidak enak. Ini sangat membahayakan untuk kesehatan kamu.

  • Sibuk Main Gadget

Usahakan ketika sudah memasuki kamar dan berbaring, lepas semua beban dan jangan sibuk bermain gadget. Dengan banyaknya hiburan yang bisa kita lihat, tidak terasa akan menghabiskan waktu yang sia – sia dan inilah penyebab susah tidur yang sering terjadi.

Cara Mengatasi Susah Tidur

  • Olahraga

Kebiasaan yang tidak bisa dilakukan bagi kebanyakan orang adalah olahraga, banyak hal yang membuat mereka tidak berolahraga seperti sibuk dengan keluarga, lelah karena bekerja dll. Selain membuat sehat, olahraga juga bisa meredakan stress ini adalah cara mengatasi susah tidur paling mudah.

  • Kurangi Minuman Berkafein

Kandungan kafein dapat membuat detak jantung kita lebih cepat jika dikonsumsi terlalu banyak, hal ini membuat kita akan terjaga. Hidarilah meminum minuman yang mengandung kafein pada sore hari, kecuali kamu sudah niat untuk begadang.

  • Mandi

Dengan kondisi badan yang bersih, membuat tidur anda akan lebih nyaman. Cara mengatasi susah tidur mandilah pada sore hari jangan dimalam hari ( jika terpaksa ).

  • Makan

Usahakan tetap mengisi perut pada malam hari, dan makan yang baik adalah minimal 2 jam dari kamu sebelum tidur. Jangan biasakan tidur langsung setelah makan, karena akan membuat munculnya beberapa penyakit.

  • Bersihkan Tempat Tidur

Cara mengatasi susah tidur ini akan membuat kenyamanan pada saat anda akan tidur, dengan kondisi kamar yang rapi dan wangi membuat pikiran anda akan lebih tenang.

  • Dengarkan Murotal Al Qur’an

Jika anda seorang muslim, cara ini sangat efektif. Dengarkanlah murotal kesayangan kamu, sambil memejamkan mata. Ayat – ayat Al – Qur’an yang dibacakan akan membuat kamu merasa nyaman sehingga akan mudah tertidur. Cobalah buktikan.

Baca Juga : Istri Keras Kepala, Atasi Dengan Cara Ini

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi susah tidur dengan mudah, biasakan atur pola hidup yang sehat untuk mengurangi masalah ini. Semoga kamu bisa tidur malam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button