Cara Mengatasi Tembok Lembab Dengan Mudah

By | November 30, 2021
tembok lembab

Tembok lembab di dalam dan di sekitar rumah adalah masalah besar yang dihadapi pemilik rumah. Penting untuk menemukan sumber masalahnya dan mengatasinya sesegera mungkin dengan cara yang benar.

Terjadinya kelembaban di tembok bagian dalam rumah akan mengakibatkan kerugian besar, karena tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi kelembaban di tembok dapat menyebabkan jamur.

Jamur dapat memiliki implikasi bagi kesehatan Anda, terutama bagi mereka yang menderita asma dan alergi. Memiliki tembok rumah yang dingin dan lembab juga dapat membuat ruangan Anda terasa lebih dingin dan tidak nyaman untuk ditempati.

Bagaimana Cara Mengetahui tembok Lembab?

Salah satu cara untuk mengetahui apakah ada kelembaban di tembok adalah dengan mengusam tembok dengan menggunakan punggung tangan Anda ke tembok.

Meskipun ini bukan cara yang paling akurat untuk menentukan tingkat keparahan masalah, dengan meraba area basah dibandingkan dengan area kering di tembok, ini dapat memberi Anda indikasi yang baik tentang seberapa buruk kelembaban sebenarnya di tembok Anda.

Identifikasi kondensasi di tembok lembab

Kondensasi terbentuk oleh kelembaban yang diserap ke dalam atmosfer hangat properti, kemudian saat properti mendingin, kelembaban berlebih mengembun pada permukaan dingin seperti jendela atau kusen.

Alasan untuk ini bisa banyak; Misalnya, bisa jadi karena ada retakan di tembok yang memungkinkan angin dan aliran udara masuk ke dalam properti, atau karena tidak ada aliran udara ventilasi yang konstan ke dalam properti.

Identifikasi meningkatnya kelembaban di tembok

Kelembaban yang meningkat hanya akan mempengaruhi tembok di lantai dasar properti. Biasanya terdapat tanda horizontal berwarna coklat atau berubah warna yang dapat terlihat hingga 1 meter pada tembok bagian dalam, ini juga dikenal sebagai “tanda pasang surut”.

Tanda-tanda peningkatan kelembaban juga dapat dirasakan melalui kain tembok dengan gelembung plester yang disebabkan oleh pemuaian dan kontraksi terus menerus dari kristal garam yang ditarik dari lantai.

Identifikasi penetrasi kelembaban di tembok

Kelembaban yang menembus terjadi pada bagian luar properti dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada bangunan jika tidak dirawat dengan benar. Anda mungkin melihat kerusakan pada tembok internal properti dengan tanda air pada pasangan bata.

Dimana telah terjadi hujan lebat, air hujan biasanya menguap dari batu bata. Namun, dalam beberapa kasus, uap air turun untuk menguap dan kemudian dibiarkan melewati permukaan interior tembok.

Bagaimana cara merawat tembok lembab?

Bentuk kelembaban yang paling umum pada tembok luar properti adalah kelembaban yang menembus. Bentuk kelembaban ini terjadi terutama di mana ada cuaca buruk dan ada masalah pemeliharaan properti. Perawatan penetrasi kelembaban di tembok dapat dilakukan dengan metode berikut:

Kelembaban penetrasi

Perbaikan cacat pasangan bata, mis. Misalnya retakan pada tembok, kegagalan pada pintu. Jika ada masalah, itu perlu diperbaiki dengan rendering yang tepat. Menggunakan krim penghalang batu dapat membantu mencegah penetrasi hujan.

Hapus kelebihan lumut dan lembaran dari atap dan talang. Jika daun dan tanaman mulai menumpuk di produk air hujan, ini dapat menyebabkan kebocoran properti.
Meningkatkan pemanasan properti dan melindungi tembok dingin.

Kelembaban yang meningkat juga dapat terbentuk pada tembok luar bangunan dan biasanya disebabkan oleh lapisan tahan lembab yang rusak. Perawatan tembok kedap air berikut terdaftar:

Kelembaban yang meningkat

Pemasangan baris tahan lembab (DPC) dan membran tahan lembab. Ini adalah metode mahal untuk mengatasi masalah kelembaban yang akan mencegah kerusakan lebih lanjut pada bangunan dan menghentikan pengeluaran tambahan untuk mencegah peningkatan kelembaban dalam waktu dekat.

Perawatan kelembaban di tembok rumah

Noda kelembaban lebih mungkin terjadi di tembok bagian dalam properti karena kondensasi. Ketika udara panas dan lembab mengembun pada permukaan yang dingin seperti tembok, jamur dapat mulai tumbuh.

Metode yang paling memadai untuk menghentikan kelembaban di tembok interior rumah, dan karena itu mencegah pertumbuhan jamur, adalah dengan meningkatkan ventilasi di seluruh properti. Metode berikut adalah cara untuk menyembuhkan kelembaban di tembok internal.

Kondensasi

Memperbaiki ventilasi, hal. Misalnya menambahkan kipas dapur dan kamar mandi. Biarkan kipas bekerja untuk waktu yang lama untuk memungkinkan kelembaban mengalir dari ruangan. Gunakan satu set cetakan kondensasi untuk menghilangkan jamur dari tembok dan permukaan.

Setelah perawatan cetakan diterapkan, dapat dicat dengan segel basah untuk memastikan bahwa noda tidak merembes melalui emulsi setelah selesai.
Tingkatkan pemanasan properti dan isolasi tembok dingin

Kelembaban pada tembok juga bisa terjadi akibat naiknya kelembaban. Jika air tanah naik ke tembok bagian dalam properti, itu dapat merusak alas tiang, plester yang mengelupas dari tembok, dan pertumbuhan jamur hitam. Perawatan untuk peningkatan kelembaban dapat dicapai dengan siklus injeksi tahan lembab atau membran tahan lembab.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *