Lomba Lari: Jumlah Kesempatan Start Agar Tidak Didiskualifikasi

Salah satu pemandangan yang paling memacu adrenalin dalam olimpiade cabang atletik adalah lomba lari estafet. Konsep ini berasal dari Yunani kuno, di mana ‘tongkat’ diteruskan dari satu pelari ke pelari lain. Lantas bagaimana aturan dan rekor dunia yang tercatat selama olimpiade? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Lomba lari estafet merupakan suatu perlombaan tim yang terdiri dari empat atlet berlari dengan jarak yang sama. Masing-masing pelari akan mengoper tongkat yang disebut dengan ‘message stick’ ke orang berikutnya untuk melanjutkan hingga ke garis finish.

Nomor Lomba Lari Estafet di Olimpiade

Dalam olimpiade cabang atletik, lomba lari estafet yang dipertandingkan adalah nomor 4 x 100 m dan 4 x 400 m. Sementara untuk pesertanya terdiri dari tiga kategori, yaitu untuk pria, wanita, dan campuran.

Lomba lari estafet pertama kali dipertandingkan pada Olimpiade Stockholm 1912. Nomor 4 x 100 m dan 4 x 400 m dipertandingkan sekaligus. Namun hanya sektor putra saja yang dipertandingkan.

Sementara untuk sektor putri 4 x 100 m baru dipertandingkan pada Olimpiade Amsterdam 1928. Sedangkan pada Olimpiade Munich 1972 barulah estafet nomor 4 x 400 m putri diperkenalkan.

Penambahan sektor juga terjadi pada Olimpiade Tokyo 2020. Untuk pertama kalinya sektor campuran dipertandingkan di olimpiade yang sempat tertunda selama satu tahun ini. Komposisi tim campuran terdiri dari dua pelari putra dan dua pelari putri.

Karol Zalewski dari Polandia, Natalia Kaczmarek, Justyna więty-Ersetic dan Kajetan Duszyński memenangkan medali emas pertama dalam sektor tersebut dengan catatan waktu Olimpiade 3:09.87.

Peraturan Lomba Lari Estafet

Lomba lari estafet merupakan salah satu cabang olahraga atletik di mana satu tim beranggotakan empat orang yang masing-masing berlari sejauh jarak yang telah ditentukan.

Selama berlari, atlet harus membawa tongkat dan menyerahkannya kepada atlet yang akan berlari berikutnya. Pertukaran tongkat estafet harus terjadi dalam kotak pergantian 20 m. Kotak pergantian ini terletak 10 m sebelum dan 10 m setelah kaki masing-masing peserta.

Terdapat peraturan khusus pada nomor 4 x 400 m, yaitu ketika anggota pertama berlari sejauh 400 m di satu jalur yang telah ditentukan, pelari berikutnya dapat memperebutkan jalur mereka sendiri. Umumnya para pelari akan berusaha untuk mendapatkan posisi di garis dalam yang merupakan rute terpendek untuk menuju garis finis.

Lalu bagaimana dengan peraturan start lomba lari estafet ini? Sama halnya dengan nomor lomba lari lainnya, tidak ada kesempatan kedua untuk pelari yang salah melakukan start. 

Seorang pelari akan langsung didiskualifikasi setelah melakukan start yang salah. Peraturan ini telah ada sejak tahun 2010 karena semakin banyak atlet yang sengaja melakukan start yang salah untuk membuyarkan konsentrasi atlet lain.

Tak hanya itu, start yang salah juga dapat mengganggu jadwal pertandingan dan penyiaran broadcast yang cukup padat. Sehingga diskualifikasi secara langsung adalah pilihan terbaik untuk pelari yang salah melakukan start.

Rekor Dunia

Nomor Estafet 4 x 100 m

Rekor dunia lomba lari estafet 4 x 100 m di Olimpiade sektor putra dipegang oleh Tim Jamaika pada Olimpiade London 2012. Tim yang beranggotakan Nesta, Carter, Michael Frater, Yohan Blake, dan Usain Bolt ini berhasil menorehkan waktu hanya 36,84 detik saja.

Sedangkan untuk rekor dunia estafet sektor putri dipegang oleh Tim Amerika yang beranggotakan Tianna Madison, Allyson Felix, Bianca Knight, dan Carmelita Jeter. Tim ini pada Olimpiade London 2012 berhasil menyelesaikan pertandingan dalam waktu 40,82 detik.

Nomor Estafet 4 x 400 m

Rekor dunia lomba lari estafet 4 x 400 m sektor putra ditorehkan oleh Tim Amerika Serikat pada Kejuaraan Dunia 1993. Tim yang beranggotakan Andrew Valmon, Quincy Watts, Butch Reynolds, dan Michael Johnson ini berhasil mencatatkan waktu 2:54.29 saja.

Sementara rekor tercepat dari sektor estafet putri 4 x 400 m ditorehkan pada Olimpiade Seoul 1988 oleh Tim Uni Soviet. Tatyana Ledovskaya, Olga Nazarova, Mariya Pinigina, serta Olha Bryzgina berhasil mencapai garis finish dengan catatan waktu 3:15.17 saja.

Sedangkan di sektor campuran, rekor dunia diperoleh Tim Amerika Serikat pada Kejuaraan Dunia 2019. Tim yang beranggotakan Wilbert London, Allyson Felix, Courtney Okolo, Michael Cherry ini berhasil menorehkan waktu 3:09.34.

Buat informasi saja dipostingan sebelumnya kami telah Perubahan Energi yang Terjadi Pada Baterai yang Menyalakan Senter membahas artikel tentang semoga bermanfaat untuk informasi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.