Permainan Bola Basket: Kenali Jumlah Pemain dan Peraturan Dasarnya

Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di dunia. Olimpiade Berlin 1934 menjadi olimpiade pertama dimana cabang olahraga ini dipertandingkan, tepatnya untuk sektor pria. Sementara untuk sektor wanita baru mulai dipertandingkan pada Olimpiade 1976 di Montreal.

Meskipun cukup terkenal di dunia, namun masih banyak yang tidak familiar dengan sejarah dan peraturan dari permainan bola basket. Oleh karena itu yuk simak penjelasannya berikut ini.
Siapa yang Menemukan Permainan Bola Basket Pertama Kali?

Ialah James Naismith, seorang instruktur fisik Kanada yang bekerja di Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield yang memperkenalkan Bola Basket pertama kali pada tahun 1891.

Pada awalnya Naismith merancang permainan ini untuk menjaga atlet YMCA tetap bugar selama musim dingin. Jumlah pemain dalam aturan yang dibuat Naismith adalah 9 vs 9, kemudian seiring berjalannya waktu aturan ini berubah hingga yang kita kenal sekarang sebagai bola basket modern.

Berapakah Jumlah Pemain Dalam Permainan Bola Basket?

Suatu tim bola basket memiliki 12 pemain yang terdiri dari 5 pemain utama dan 7 cadangan. Jika dalam permainan sepakbola pergantian pemain hanya diperbolehkan tiga kali, dalam permainan bola basket tidak ada batasan pergantian pemain.

Lima pemain utama yang ada di lapangan dibagi menjadi beberapa posisi, di antaranya adalah point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center.

Point guard biasanya merupakan permain yang dianggap memiliki skill paling jago di antara yang lain. Peran utama point guard adalah mengatur strategi permainan, mulai dari ofensif, defensif, hingga mencetak poin.

Shooting guard merupakan pemain yang biasanya memiliki kemampuan menembak paling baik di antara yang lain. Pemain ini juga bertugas untuk membantu mengecoh pemain lawan untuk membuka ruang agar rekan setimnya dapat melakukan tembakan ke ring.

Small forward merupakan pemain yang memiliki kecepatan dan kemampuan dribble terbaik dalam suatu tim. Selain itu kemampuan menembak jarak dekat dan menengah juga penting dimiliki oleh pemain ini.

Power forward biasanya merupakan pemain dengan kemampuan menembak terbaik dan juga sebagai pencetak poin bagi tim yang paling bisa diandalkan. Kemampuan yang dimiliki pemain tipe ini sama dengan small forward.

Center biasanya merupakan pemain tertinggi dalam tim dan biasanya diperlukan untuk menempati ruang terdekat dengan ring. Ketika berada di posisi bertahan, center bertugas mengambil rebound dan memblokir penembak lawan.

Peraturan Permainan Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga tim dengan tujuan utama untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam ring dan mencegah tim lawan melakukan hal yang sama. Permainan dimulai ketika wasit melempar bola tinggi dan setiap pemain dari masing-masing tim berusaha untuk mendapatkannya.

Permainan dilakukan dengan dribble, mengoper, hingga menembak ke ring tim lawan. Tim yang menguasai bola disebut dengan tim ofensif, sedangkan tim yang tidak menguasai bola disebut tim defensif.

Sistem Perolehan Poin dalam Bola Basket

Dalam permainan bola basket, tidak semua tembakan memiliki poin yang sama. Terdapat tiga tipe poin dari tiga jenis tembakan yang dapat diperoleh setiap tim basket, yaitu tembakan tiga poin, tembakan dua poin, dan tembakan satu poin.

Pertama, tembakan yang menghasilkan tiga poin dapat dicetak dari sisi lapangan mana saja di luar busur garis tiga poin. Kedua, tembakan dua poin dicetak dari dalam area yang dikelilingi oleh busur tiga angka. Ketiga, tembakan satu poin dilakukan melalui lemparan bebas dari sisi lapangan mana saja.

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

Pelanggaran dalam permainan bola basket cukup kompleks mengingat peraturan yang dibuat oleh FIBA pun demikian. Berikut adalah beberapa pelanggaran dasar yang banyak ditemui dalam permainan bola basket.

Setiap pemain yang tengah melakukan dribble diharuskan hanya menggunakan satu tangan saja, kecuali jika pemain tersebut mengoper ke rekan setimnya. Menggunakan kedua tangan secara bersamaan untuk mendribel bola merupakan sebuah pelanggaran dalam bola basket.

Jika seorang pemain menghentikan dribble, mereka harus segera mengoper atau melakukan tembakan ke ring. Jika tidak, tindakan ini dianggap sebagai pelanggaran menggiring bola ganda.
Jenis pelanggaran yang lain adalah seorang pemain tidak diperbolehkan berlari dengan bola. Maksudnya di sini setiap pemain harus melakukan dribble dan maksimal 2 langkah sebelum mengoper atau menembak.

Pemain bertahan tidak diperbolehkan untuk memblokir atau menyentuh bola ketika dalam lintasan ke bawah menuju ring. Jenis pelanggaran ini disebut dengan pelanggaran goaltending.

Selama serangan, pemain ofensif tidak diijinkan untuk tetap berada di kunci lawan selama lebih dari tiga detik tanpa melakukan tembakan. Aturan ini disebut aturan tiga detik dan mengakibatkan pelanggaran jalur.

Kami juga sudah membahas Lomba Lari: Jumlah Kesempatan Start Agar Tidak Didiskualifikasi pada artikel sebelumnya, semoba bisa menambah pengetahuan kalian dalam dunia olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.